Inilah Panduan Cara Menanam Bunga Mawar Yang Baik Dan Benar

Cara Menanam Bunga Mawar Untuk Pemula
Cara Menanam Bunga Mawar Untuk Pemula

Bunga paling populer di Amerika juga merupakan salah satu bunga tertua dalam budidaya. Ada lebih dari 2.000 varietas mawar yang berbeda untuk memikat kita dengan sejarah dan aroma mereka. Ini karena mawar, seperti anggrek, mudah disilangkan — sifat yang awalnya dieksploitasi oleh alam, dan kemudian oleh hortikultura. Hari ini, kita dapat memilih dari favorit kuno, serta varietas modern yang merupakan hasil dari program pemuliaan intensif di seluruh dunia. Mawar adalah bunga dengan masa lalu yang kaya, dan masa depan yang menarik.

Menemukan jalan Anda melalui keluarga besar mawar dapat membingungkan sekaligus menakutkan. Damaskus, musk, gallica, centifolias, hybrid abadi, Bourbon, teh hibrida, rambler dan pendaki — bahkan para rosari yang paling terkenal sekalipun memiliki waktu yang sulit untuk menentukan mawar mana.

Menelusuri sejarah bunga mawar tertentu bisa menjadi petualangan yang menarik, tetapi itu bukan ilmu pasti. Mawar tua telah dikawinkan silang berkali-kali, dan begitu banyak varietas yang hilang, sehingga seringkali mustahil untuk mengungkap asal usul yang tepat. Jika Anda adalah salah satu dari sekian banyak orang yang dirasuki oleh mawar, Anda mungkin pada akhirnya menemukan pentingnya untuk mengetahui perbedaan antara gallica dan Bourbon. Tetapi sampai saat itu, saran kami jangan khawatir tentang hal itu. Yang penting adalah memilih bunga mawar yang Anda temukan cantik, dan yang sesuai dengan taman Anda.

Mawar biasanya dikelompokkan menjadi satu dari dua kategori besar: mawar tua dan mawar modern. Mawar tua adalah varietas yang ditemukan atau dikembangkan sebelum diperkenalkannya mawar hibrida pada tahun 1867. Tetapi seperti segala hal lain di dunia mawar, ketika menentukan bagaimana mawar tertentu harus diklasifikasikan, tidak selalu sejernih kristal.

Secara umum disepakati bahwa “mawar tua” termasuk spesies atau mawar liar; alba; Bourbon; mawar lumut; Mawar cina; Bising; Mawar Portland; mawar rugosa; Mawar Scotch; centifolias; pimpinellifolias hibrida; damasks; gallica; abadi hibrida; mawar teh; dan kesturi mawar. Yang diklasifikasikan sebagai varietas mawar modern adalah teh hibrida; floribundas; polyanthas; grandifloras; miniatur dan kurcaci; semak dan lansekap mawar modern; pendaki dan pengembara; dan hibrida rugosa.

Mengapa memilih mawar kuno daripada hibrida modern? Banyak varietas mawar tua menawarkan lebih banyak aroma, mekar lebih kompleks dan menarik, lebih tahan penyakit, perawatan lebih mudah dan bentuk yang lebih menarik. Tapi mawar modern dapat menawarkan musim semua mekar, dan berbagai warna dan bentuk bunga yang lebih luas. Beberapa juga jauh lebih dingin dan tahan penyakit daripada varietas kuno.

Cara Memilih Mawar

Ada ribuan mawar yang indah, jauh lebih banyak dari kita yang memiliki kesempatan untuk melihat, apalagi tumbuh. Saat memilih bunga mawar untuk taman Anda, ada lima pertimbangan yang harus membuat proses pemilihan lebih mudah.

1. Kebiasaan tumbuh
Meskipun mawar biasanya ditanam untuk bunganya, penting untuk mengetahui seperti apa tanaman itu dan bunganya, untuk menentukan di mana bunga itu akan cocok di kebun Anda.

Teh hibrida dan floribundas biasanya tumbuh tidak lebih dari 2 hingga 3 kaki. Bentuknya kasar, dan sangat tidak menarik, tetapi mereka memiliki kemampuan untuk menghasilkan bunga yang berlimpah sepanjang musim tanam. Teh hibrida memiliki besar, mekar tunggal pada batang yang panjang dan kaku, sedangkan floribunda memiliki kelompok mekar yang sedikit lebih kecil pada batang yang tidak sekaku.

Mawar miniatur memiliki bunga kecil, dan mungkin hanya setinggi 10 hingga 36 inci. Mawar kerdil tumbuh setinggi 2 kaki, dan bunganya diproduksi dalam kelompok. Mawar semak, termasuk jenis kuno dan modern, dan penutup tanah atau lanskap, umumnya besar dan berdaun.

Pendaki dan pengembara tumbuh dari 7 kaki hingga 30 kaki panjangnya, dan sebagian besar dari mereka mendapat manfaat dari beberapa dukungan. Standar adalah mawar yang dilatih menjadi bentuk seperti pohon dengan batang tunggal dan semak bundar atau tampilan bunga menangis di atasnya.

2. Kekerasan
Tukang kebun utara perlu tahu persis zona mawar mana yang sulit. Tukang kebun selatan juga harus memperhatikan untuk melihat zona apa yang direkomendasikan untuk setiap varietas tertentu, karena beberapa mawar berkinerja sangat buruk dalam cuaca panas dan / atau lembab. Baca katalog dengan hati-hati dan, jika mungkin, beli mawar Anda dari petani lokal atau regional. Mereka akan dapat memberi tahu Anda dari pengalaman tentang bagaimana varietas tertentu akan tampil di daerah Anda.

3. Waktu Bloom
Banyak mawar, terutama varietas kuno, hanya memiliki satu flush mekar per tahun. Apakah Anda akan puas dengan awan bunga merah muda surgawi selama tiga minggu di bulan Juni, atau apakah Anda membutuhkan bunga mawar Anda untuk mekar sepanjang musim panas? Pertimbangan ini dapat mempersempit pilihan Anda dengan sangat cepat.

4. Tahan penyakit
Memilih mawar tahan penyakit adalah satu-satunya cara paling efektif untuk menghindari masalah dan kebutuhan bahan kimia. Anda mungkin mulai dengan mempertimbangkan beberapa varietas mawar tua, yang banyak di antaranya memiliki ketahanan terhadap penyakit alami. Anda juga dapat melihat banyak mawar modern, yang sekarang dibiakkan untuk meningkatkan resistensi terhadap penyakit. Teh hibrida sangat rentan terhadap penyakit, dan tampaknya memikat setiap serangga dari jarak bermil-mil. Mereka bisa sulit tumbuh tanpa gudang debu dan semprotan kimia.

5. Panjang batang
Ini mungkin tampak seperti pertimbangan aneh, tetapi penting jika Anda menanam mawar untuk dipotong. Bunga mawar tradisional adalah teh hibrida, dan itu adalah satu-satunya jenis mawar yang berbunga pada batang yang panjang dan kaku. Semua mawar lainnya memiliki batang yang lebih pendek, lebih lemah, yang memberi mereka kehadiran yang lebih kasual – beberapa orang percaya lebih indah – dalam vas.

Merawat Mawar Anda

Mawar agak khusus, dan Anda harus menyadari kondisi tumbuh dan perawatan yang diperlukan untuk membuatnya bahagia.

Situs: Untuk mekar paling berlimpah dan kekuatan terbesar, mawar perlu menerima 6 hingga 8 jam sinar matahari langsung setiap hari. Di iklim panas, mereka akan menghargai menerima perlindungan dari sinar matahari sore yang paling intens. Dalam iklim dingin, pagar atau dinding yang menghadap selatan atau barat yang hangat dapat menambah kehangatan ekstra untuk meningkatkan produksi bunga dan mengurangi kerusakan musim dingin.

Tanah: Mawar membutuhkan drainase yang baik dan tanah yang kaya akan kelembaban, dengan pH antara 6,5 ​​dan 7. Jika tanah Anda berat dan basah, Anda mungkin ingin mempertimbangkan menanam mawar di tempat tidur yang ditinggikan. Kompos harus ditambahkan untuk membuat tekstur longgar dengan konten organik tinggi. Untuk membantu memperbaiki ketidakseimbangan pH, baca Membangun Tanah yang Sehat.

Air: Mawar membutuhkan lebih banyak air daripada kebanyakan penanaman lansekap lainnya, terutama selama tahun pertama saat tanaman mulai berakar. Cara terbaik untuk menyirami mawar Anda adalah dengan irigasi tetes. Ini mengkonsentrasikan air di zona akar di mana dibutuhkan, dan menjaga dedaunan kering untuk meminimalkan masalah penyakit. Lapisan mulsa organik yang baik dan tebal akan membantu menjaga kelembaban, mengurangi gulma, dan mendorong pertumbuhan akar yang sehat. Saat mulsa rusak, itu juga akan menambah bahan organik ke tanah.

Pupuk: Mawar adalah pengumpan berat, dan akan mendapat manfaat dari pasokan nitrogen, fosfor, dan kalium yang stabil. Anda dapat memberikan nutrisi ini dengan pupuk cair atau granular, dengan perbandingan sekitar 5-8-5. Dalam kebanyakan kasus, aplikasi reguler kompos, pupuk kandang busuk, emulsi ikan dan ekstrak rumput laut akan memberikan mawar dengan semua nutrisi yang mereka butuhkan. Amandemen organik ini juga membantu mengurangi ketidakseimbangan pH dan menstimulasi kehidupan tanah yang bermanfaat. Amandemen organik lainnya yang disukai oleh penanam mawar termasuk greensand, black rock phosphate dan tepung alfalfa.

Pemangkasan: Batang mati, lemah dan sakit-sakitan dapat menyebabkan masalah penyakit. Pemangkasan ini akan meningkatkan sirkulasi udara ke pusat tanaman dan meminimalkan masalah jamur. Pemangkasan juga merangsang pertumbuhan baru, dan memungkinkan Anda untuk membentuk tanaman dengan cara yang menyenangkan. Bunga bekas harus dihilangkan selama musim tanam untuk mendorong reblooming. Gunakan gunting pemangkas aksi untuk pemotongan terbersih.

Perlindungan musim dingin: Jika memungkinkan, pilih varietas mawar yang kuat untuk zona pertumbuhan Anda; yang bisa bertahan di musim dingin tanpa perlindungan khusus. Dalam iklim dingin, teh hibrida dan floribunda, serta beberapa mawar semak yang lebih kecil, akan mendapat manfaat dari sedikit isolasi tambahan.

Setelah Anda memiliki beberapa minggu suhu di bawah titik beku, tutupi dasar mawar dengan 12 inci tanah atau mulsa, dan kemudian tutupi tongkat dengan jerami, daun, dahan pinus atau bahkan insulasi busa. Mawar panjat dapat dibungkus tepat di atas penyangga mereka, atau Anda dapat meletakkannya di tanah dan menutupi tongkat dengan jerami atau sikat. Dalam iklim yang sangat dingin, teh hibrida terkadang digali sebagian, diletakkan di atas tanah, dan seluruh tanaman kemudian ditutup dengan lebih banyak tanah atau mulsa.

Hama dan penyakit: Pencegahan adalah cara terbaik untuk menghindari masalah hama dan penyakit. Mulailah dengan varietas tahan penyakit, pertahankan tanaman dalam kondisi sehat (dipupuk dengan baik dan disiram dengan baik), pertahankan sirkulasi udara yang baik, jaga dedaunan tetap kering, dan singkirkan dedaunan yang sakit atau bunga yang dihabiskan. Untuk belatung kumbang Jepang, gunakan nematoda yang bermanfaat atau Milky Spore (Bacillus popilliae). Rose Rx efektif melawan kerak, spidermit dan kutu daun. Untuk informasi lebih lanjut, lihat Pencari Hama dan Penyakit.