Inilah Panduan Cara Menanam Bunga Iris Bagi Pemula

Cara Menanam Bunga Iris Untuk Pemula
Cara Menanam Bunga Iris Untuk Pemula

Iris adalah salah satu yang mekar paling awal dan bunga abadi termudah untuk tumbuh. Sebagian besar dari lebih dari 300 spesies di seluruh dunia kuat di seluruh AS dan secara luas disesuaikan dengan berbagai kondisi tanah dan matahari. Dengan menggabungkan berbagai jenis iris, Anda dapat membuatnya mekar dari awal musim semi hingga musim panas. Dan jika Anda menambahkan beberapa iris berjanggut berulang-mekar, Anda juga akan menikmati bunga di akhir musim panas dan awal musim gugur.

Acara dimulai dengan iris kerdil (Iris reticulata), yang merupakan salah satu umbi pertama yang mekar di musim semi, Mereka diikuti oleh varietas akhir musim semi dan awal musim panas, yang mekar dalam urutan umum ini:

  • Irisan berjanggut (juga dikenal sebagai Iris Jerman)
  • Iris siberia
  • Louisiana iris
  • Iris Jepang
  • Iris Belanda
  • Jenis Iris

Iris Dwarf (I. reticulata dan I. danfordiae): Iris ini tumbuh dari umbi yang ditanam di musim gugur. Mereka menghasilkan bunga setinggi 6 inci, biru, kuning atau ungu di awal musim semi di zona 4 hingga 9. Selama bertahun-tahun, umbi ini akan menaturalisasi menjadi rumpun bunga yang bagus; pastikan untuk menanamnya di lokasi yang dikeringkan dengan baik.

Irisan Bearded (Iris germanica dan hibrida): Irisan Bearded, juga dikenal sebagai iris Jerman, memiliki akar berdaging yang disebut rimpang, yang tumbuh tepat di permukaan tanah. Tinggi tangkai bunga berkisar antara 8 hingga 40 inci, tergantung pada varietasnya, dan kuat di zona 3 hingga 9. Kultivar sering dibagi menjadi beberapa kelompok berdasarkan ketinggian, mulai dari kerdil berjanggut hingga berjanggut tinggi. Mekar datang dalam berbagai warna, dan tanaman memiliki kaku, daun tegak. Semua membuat bunga potong yang bagus. Dalam beberapa tahun terakhir, varietas harum telah tersedia. Beberapa varietas, yang disebut “iris reblooming,” mekar di awal musim panas, diikuti oleh pengulangan di akhir musim panas atau musim gugur. Dalam iklim ringan, mereka mungkin mengulang lebih dari satu kali. Irisan berjanggut biasanya ditanam pada akhir musim panas atau awal musim gugur.

Iris siberia (I. siberica): Tumbuhan iris Siberia tumbuh setinggi 2 hingga 4 kaki dan kuat di zona 3 hingga 9. Mereka menampilkan sebagian besar bunga biru, putih dan ungu dan memiliki dedaunan yang tinggi, seperti rumput. Irisan siberia tumbuh dengan baik dalam kondisi dingin dan basah dan, meskipun tumbuh dengan baik di bawah sinar matahari, mereka juga dapat mentolerir beberapa warna. Tanam sekitar 1 inci di bawah sinar matahari penuh untuk bagian teduh. Membagi di akhir musim panas, tetapi hanya ketika pusat rumpun telah berhenti tumbuh.

Louisiana iris (I. fulva, I. giganticaerulea dan I. brevicaulis): Berasal dari Gulf Coast, iris setinggi 2 hingga 4 kaki ini adalah pecinta air dan akan senang tumbuh di tepi kolam atau tempat basah di rumah Anda. halaman. Mereka juga tumbuh dengan baik di tanah asam. Mereka tahan busuk, kuat di zona 5 hingga 9, dan menampilkan berbagai warna bunga, termasuk merah asli. Dedaunan tinggi, tegak dan seperti pedang.

Iris Jepang (I. ensata): Seperti iris Louisiana, spesies ini tumbuh subur di tanah basah, asam, dan kotor. Misalnya, Anda dapat menanamnya di sepanjang tepi kolam atau aliran air, atau di pot yang sebagian terendam di taman air. Mereka kuat di zona 5 hingga 9, menghasilkan tangkai bunga setinggi 2 hingga 3 kaki dengan berbagai warna bunga dari putih hingga lavender. Dedaunan berusuk dan tegak. Iris Jepang memiliki bunga terbesar dari spesies iris. Setelah tanaman membentuk rumpun besar, ia dapat dibagi.

Hibrida Belanda (I. hollandica): Iris ini – juga disebut iris Belanda – sempurna untuk memotong kebun. Seringkali ditanam sebagai tanaman tahunan, hibrida bunga iris Belanda tumbuh dari umbi yang dapat ditanam pada musim gugur (di mana hardy, zona 5 hingga 9) atau musim semi. Bunga seperti anggrek mekar dari akhir musim semi hingga awal musim panas. Kelompok iris ini memiliki rentang warna dan pola yang sangat luas. Berbeda dengan dedaunan pada jenis iris lain, hibrida ini memiliki daun seperti rumput. Tanam di bawah sinar matahari penuh hingga teduh penuh, sedalam 4 inci. Kiat: Tukang kebun Zona 5 harus menambahkan lapisan mulsa 2 inci pada musim gugur.

Membagi Iris

Tanaman iris yang sehat dapat menjadi ramai dan perlu membelah setelah 3 sampai 4 tahun. Penurunan mekar biasanya menunjukkan bahwa sudah waktunya untuk membagi. Membagi iris berjanggut di musim panas, kira-kira dua bulan setelah mekar. Iris lainnya lebih baik dipindahkan pada awal musim semi atau musim gugur.

Sebelum membagi iris berjanggut, kurangi dedaunan menjadi sepertiga tinggi aslinya. Gali rumpun dan pisahkan rimpang baru yang sehat dari rimpang yang lebih tua dan kurang produktif menuju pusat rumpun. Buang rimpang yang berlubang (dari kerusakan serangga, lihat Iris Borer, di bawah) atau bercak lunak. Potong rimpang baru sehingga masing-masing memiliki setidaknya satu set (kipas) daun. Tanam seperti yang dijelaskan di atas, sisakan 12-18 inci di antara rimpang.

Iris lain (seperti Siberia dan Jepang) harus digali sepenuhnya dan kemudian bola akar dapat dibagi menggunakan sekop atau pisau yang tajam. Buang area yang mati atau lemah dan tanam kembali kira-kira setengah dari jumlah tanaman yang Anda hapus.

Hama Iris

Hama Iris berjanggut paling serius adalah penggerek iris, yang biasanya merupakan masalah terbatas pada kebun di sebelah timur Rockies. Telur-telur melewati musim dingin pada iris daun dan menetas di musim semi, menerobos masuk ke dalam daun dan akhirnya menggali ke rimpang. Daun tanaman yang terinfeksi memiliki garis-garis kuning dan mudah lepas dari rimpang. Rimpang mungkin lembek atau memiliki lubang kecil dari larva yang menggali.

Untuk mengendalikan penggerek iris, dedaunan dan puing-puing di sekitar tanaman harus dihilangkan pada musim gugur. Buang rimpang yang terinfeksi saat membelah. Buang dan hancurkan dedaunan yang terinfeksi yang muncul selama musim tanam.