Cara Menanam Dan Merawat Bunga Tahunan Agar Tetap Sehat

Cara Menanam Bunga Semusim
Cara Menanam Bunga Semusim

Sampai beberapa tahun yang lalu, jika Anda ingin menanam bunga tahunan, pilihan Anda terbatas pada geranium, impatiens, marigold dan salvia merah. Tapi hari ini, sebagian besar rumah kaca menawarkan beragam pilihan. Apakah Anda menanam kotak jendela, melapisi trotoar, atau membumbui kebun abadi Anda, berikut ini cara memanfaatkan yang terbaik dari yang tersedia.

Sebenarnya, tanaman tahunan adalah tanaman yang menyelesaikan siklus pertumbuhannya (tumbuh dari biji, bunga, dan menghasilkan benih) dalam satu musim tanam tunggal. Dengan kata lain, semusim membawa banyak kehidupan dalam kurun waktu singkat.

Tetapi di luar definisi sederhana ini, ada bahkan rentang tanaman yang lebih luas yang kami perlakukan sebagai tanaman tahunan. Beberapa, seperti impatiens, heliotrope, dan begonia tuberous, sebenarnya merupakan tanaman keras yang lunak atau “setengah-keras” yang bahkan tidak dapat bertahan hidup walaupun hanya cuaca dingin. Di sisi lain, beberapa tanaman semusim, seperti pansy dan kubis hias, sangat dingin-kuat dan tahan suhu beku.

Salah satu hal terbaik tentang semusim adalah keanekaragaman dan keserbagunaannya yang luar biasa. Dengan menggunakannya, Anda dapat membuat kombinasi warna, bentuk, dan tekstur yang sangat menarik yang akan bertahan sepanjang musim. Warna berkisar dari favorit pertengahan musim panas yang cerah seperti zinnias dan bunga matahari Meksiko, hingga warna pastel yang lebih halus dari stok atau lavatera.

Anda juga dapat memilih semusim untuk taman Anda berdasarkan karakteristik selain warna bunga. Ada semusim yang tinggi, sedang, pendek atau memanjat; yang lebih menyukai sinar matahari penuh atau sebagian teduh; dan mereka yang memiliki keutamaan khusus, seperti wewangian yang menyenangkan (stok, mignonette, nicotiana) atau dedaunan yang menarik (caladium, coleus, miller berdebu).

Tanaman Keras Ditumbuhkan sebagai Semusim

Perennial tender adalah salah satu yang tidak akan bertahan musim dingin di iklim Anda. Banyak tukang kebun hanya memperlakukan tanaman ini sebagai tanaman tahunan, menikmatinya selama satu musim dan membiarkannya mati di musim gugur. Orang lain memindahkan tanaman ke dalam saat cuaca dingin: memperlakukannya sebagai tanaman hias selama musim dingin; mengambil stek dan memulai tanaman baru; atau hanya menggali dan menyimpan bagian tanaman (biasanya akar atau struktur seperti bola) di dalam ruangan untuk penanaman kembali pada tahun berikutnya.

Contoh tanaman keras yang umumnya ditanam sebagai tanaman tahunan termasuk bijak berbunga yang lebih lembut (Salvia coccinea, S. patens, S. splendens, dll.), Verbenas, dan hisop (Agastache spp.). Geranium dan wangi geranium (Pelargonium spp.) Dapat ditanam di luar ruangan baik di tempat tidur atau pot selama musim panas, kemudian dibawa ke dalam ruangan di akhir musim: mekar dalam pot, disimpan dalam kegelapan untuk ditanam kembali, atau digunakan sebagai stek untuk tanaman baru. Petunias, coleus, dan sweet-alyssum (Lobularia maritima) adalah tanaman lain yang dapat ditaburi dalam pot dan ditanam kembali pada tahun berikutnya.

Jika Anda memiliki ruang berjemur atau rumah kaca terlampir yang menerima banyak sinar matahari musim dingin dan tidak menjadi terlalu dingin di malam hari, Anda dapat mencoba menanam beberapa “tanaman tahunan” menarik yang di habitat asli mereka sebenarnya adalah semak dan pohon abadi. Misalnya, jika diberikan perlindungan sepanjang tahun, fuschias tumbuh dengan cepat, mencapai di mana saja dari 18 inci hingga 12 kaki atau lebih, dan menghasilkan bunga-bunga indah yang terjumbai dalam nuansa merah, ungu, dan putih hampir sepanjang musim dingin. Brugmansia, atau sangkakala malaikat, dapat tumbuh setinggi 15 kaki dalam budidaya rumah kaca. Bunganya yang berbentuk terompet wangi dan indah, tetapi jangan ditanam di rumah jika Anda memiliki anak kecil; tanamannya sangat beracun.

Tanaman berbunga yang tumbuh dari umbi yang lunak, seperti dahlia, gladiol, dan cannas, sering ditanam sebagai bunga tahunan di kebun potong atau perbatasan hias campuran. Mereka juga merupakan tanaman keras yang lunak, dan sebagian besar varietas tidak akan bertahan di musim dingin di sebagian besar Amerika Utara. Namun, mudah untuk menggali umbi ini di akhir musim tanam dan menyimpannya di dalam ruangan untuk penanaman kembali pada tahun berikutnya.

Mulai Tahunan dari Benih

Melihat semua semusim yang ditawarkan untuk dijual di pusat pembibitan dan taman di musim semi, Anda mungkin bertanya-tanya siapa yang akan bersusah payah memulai semusim sendiri dari benih. Tentu saja ada keuntungan ekonomi. Paket benih seharga $ 2 dapat menumbuhkan empat flat besar tanaman alyssum, yang akan menghemat sekitar $ 70 untuk membeli tanaman dari pembibitan.

Alasan yang sama kuatnya untuk memulai tanaman Anda sendiri dari benih adalah bahwa bahkan pusat kebun terbaik tidak membawa pilihan tahunan penuh kebun yang layak. Sebagian besar menjual tanaman tempat tidur yang populer, tetapi sulit menemukan tanaman tahunan yang kuno, seperti cinta-kebohongan berdarah (Amaranthus caudatus), empat jam (Mirabilis jalapa), atau lavatera (Lavatera trimestris)?

Sebagian alasan ketidakhadiran ini berasal dari ekonomi (penawaran dan permintaan) dan sebagian lagi disebabkan oleh sifat tanaman itu sendiri. Pusat kebun suka menjual enam bungkus tanaman yang sudah mekar; dengan cara itu pelanggan tahu apa yang mereka dapatkan, dan tahu bahwa tanaman itu mungkin akan terus berbunga setelah mereka sampai di rumah dan di tanah. Gratifikasi instan.

Namun banyak semusim yang baik tidak akan mulai mekar di pembibitan enam paket. Mereka terlalu tinggi, tidak suka ditransplantasikan, atau tidak mau berbunga sampai mereka sudah di tanah selama beberapa minggu. Jika Anda ingin bereksperimen dengan seluruh palet semusim, pada akhirnya Anda ingin menanam beberapa tanaman Anda sendiri dari biji.

Banyak tanaman tahunan yang mudah disemai langsung ke tanah kebun. Yang lain lebih baik dimulai di dalam ruangan di bawah lampu di akhir musim dingin atau awal musim semi. Bacalah katalog benih, paket benih, atau buku From Seed to Bloom oleh Eileen Powell untuk informasi tanaman tertentu. Secara umum, semusim jatuh ke dalam tiga kategori utama, yang menentukan kapan dan di mana Anda harus menabur benih mereka. Untuk semua kategori, aturan praktis yang baik adalah menanam benih pada kedalaman dua atau tiga kali diameternya.

Beberapa orang tahunan sangat pandai dalam memenuhi misi mereka dalam kehidupan — berbunga dan menanam benih — sehingga mereka dapat menabur sendiri dengan mudah di bawah kondisi yang tepat dan menghasilkan tanaman baru di tahun berikutnya. Semusim umum yang dapat menabur dengan penuh semangat meliputi ageratum, petunia, foxglove, larkspur tahunan, forget-me-not, calendula dan mallow liar atau bergaris (Malva sylvestris).

Hardy semusim: Dapat ditanam langsung di kebun pada awal musim semi karena tanah dapat dikerjakan. Untuk permulaan yang lebih awal, taburlah mereka di dalam ruangan di flat delapan hingga sepuluh minggu sebelum tanggal musim semi yang lalu, dan pindahkan ke kebun sekitar sebulan kemudian, setelah mengeraskannya.

Beberapa tanaman tahunan yang keras juga dapat disemai secara langsung di musim gugur, dan tanaman ini akan berbunga lebih awal daripada tanaman yang disemai di musim semi. Saat jatuh benih, tanamlah benih sedikit lebih dalam daripada yang Anda lakukan di musim semi, dan sebarkan beberapa mulsa di atas persemaian setelah tanah beku.

Contoh tahunan hardy termasuk kancing bujangan, calendula, bunga laba-laba (Cleome hasslerana), pinks (Dianthus spp.), Larkspur, linaria, poppies Shirley (Papaver rhoeas), nigella (cinta-dalam-kabut), scabiosa (pincushion) bunga), snapdragons, lavatera, napas bayi tahunan (Gypsophila elegans), heliotrope, kaldu dan kacang polong manis.

Setengah hardy tahunan: Ini bisa langsung ditanam di luar ruangan setelah ancaman embun beku keras (suhu di bawah 25 ° F) sudah lewat. Di dalam ruangan, mulailah menanam benih di dataran enam hingga delapan minggu sebelum tanggal musim semi yang lalu, dan mengeraskan tanaman sebelum memindahkannya ke kebun. Setelah mereka mengeras, semusim setengah-hardy dapat menahan embun beku ringan.

Contohnya termasuk statice, nicotiana, lidah dicat (Salpiglossis sinuata), aster Cina (Callistephus chinensis), dan berbagai jenis salvias dan krisan.

Semusim tender: Benih dapat ditabur langsung di kebun hanya setelah semua bahaya embun beku berlalu. Untuk awal yang lebih awal, tabur benih di dalam ruangan empat hingga enam minggu sebelum tanggal musim semi terakhir untuk daerah Anda. Contohnya termasuk marigold, morning glory, zinnias, bunga matahari dan tithonia (bunga matahari Meksiko), cosmos, amaranth, ageratum, celosia dan gomphrena (globe amaranth).

Menyebar dari Stek

Akhir musim panas atau awal musim gugur adalah waktu yang ideal untuk mengambil stek dari tanaman semusim seperti geranium, coleus dan impatiens, menyiapkannya untuk mekar musim dingin di dalam ruangan atau menahannya untuk musim semi berikutnya. Langkah-langkah berikut akan membantu memastikan kesuksesan.

  1. Potong semua bunga atau kuncup bunga pada tanaman. Hal ini dilakukan untuk memfokuskan energi tanaman ke dalam pengembangan akar baru pada pemotongan batang.
  2. Pilih setek batang yang sehat (lebih disukai ujung tumbuh sehat atau tunas samping) yang panjangnya 2 sampai 6 inci.
    Lepaskan semua daun bagian bawah di mana batang akan dimasukkan ke dalam media rooting (baik tanah pot atau air). Celupkan ujung batang ke bubuk hormon rooting untuk mendorong pertumbuhan akar yang cepat.
  3. Masukkan potongan di tanah pot (bukan campuran benih yang tidak dinodai) dan sirami wadahnya. Tutupi flat atau pot dengan kantong plastik bening untuk menciptakan suasana lembab dan lembab. Jangan biarkan daun tanaman menyentuh sisi tas karena ini akan menyebabkan busuk.
  4. Akar baru harus berkembang dalam satu hingga tiga minggu. Untuk menguji, tarik perlahan-lahan pada pemotongan. Menanam tanaman baru dalam wadah 4-6 inci dan jauhkan dari sinar matahari langsung selama tiga hari. Setelah waktu ini, tempatkan tanaman di lokasi yang cerah.
  5. Metode alternatif rooting tanaman, seperti begonia, coleus atau geranium, adalah menempatkan potongan batang dalam segelas air untuk mengembangkan akar. Ganti air setiap beberapa hari sampai tanaman mengembangkan akar, dan tambahkan sedikit tanah ke stoples setelah akar baru muncul. Tanam setek berakar dalam wadah 4-6 inci yang diisi dengan tanah pot.
  6. Setelah tanaman baru terbentuk, jepit ujung batang untuk mendorong pertumbuhan yang lebih penuh dan bunga yang lebih banyak.

Tumbuh dan Peduli Semusim

Persiapan dan penanaman tanah: Secara umum, tanaman tahunan lebih memilih tanah berdrainase baik dengan pH antara 6,3 dan 6,7. Menggali lumut gambut atau kompos dalam jumlah yang baik akan membantu membangun bahan organik tanah dan memungkinkan akar tanaman menyebar dengan cepat dan memulai awal yang baik.

Atur tanaman muda pada jarak yang direkomendasikan, untuk mencegah mereka berkerumun satu sama lain begitu mereka telah tumbuh dan matang. Jika Anda membeli tanaman di flat dari pusat kebun, tanaman tersebut kemungkinan akan menjadi potbound ketika Anda mengeluarkannya dari sel atau wadahnya. Sebelum menempatkannya di lubang tanam, pisahkan dengan hati-hati massa akar; ini mendorong akar menyebar dengan cepat ke tanah di sekitarnya. Pupuk saat tanam dengan pupuk organik atau pupuk slow-release.

Anda perlu memperhatikan apakah tanaman tertentu itu keras, setengah keras atau lunak sebelum memutuskan kapan akan memindahkannya. Beberapa pembibitan menjual tanaman dengan label yang mengidentifikasi sifat tahan banting; jika ragu, keluarkan tanaman semusim Anda setelah semua bahaya cuaca beku berlalu. Faktor penting lainnya, tentu saja, adalah apakah tanaman tertentu lebih menyukai matahari atau naungan parsial.

Jika Anda perlu menahan tanaman di flat selama lebih dari dua hari di rumah, pastikan untuk menyirami tanaman tersebut dan simpan di tempat yang agak teduh dan terlindungi, seperti teras atau di bawah pohon. Jangan tinggalkan mereka di garasi atau bangunan lain tempat Anda menyimpan mobil atau mesin bertenaga bensin; gas etilen dapat menyebabkan kerusakan bunga dan penurunan daun. Saran terbaik adalah mentransplantasikan semusim ke kebun sesegera mungkin setelah membawanya pulang.

Peduli semusim: Begitu mereka mulai mekar, sebagian besar semusim akan berbunga sepanjang musim, sampai suhu dingin atau salju mengakhiri tampilan mereka. Namun, untuk menjaga mereka tetap berbunga dan terlihat bagus, Anda harus melakukan perawatan sederhana namun mudah.

Deadheading adalah tugas yang paling penting, dan itu melibatkan menjepit bunga-bunga tua saat mereka mulai memudar. Alasan untuk melakukan ini sederhana. Semusim hidup berbunga cepat, menghasilkan biji dan mati. Selama Anda tetap menjaga bunga mati-matian, tanaman akan terus menghasilkan bunga; setelah Anda berhenti, tanaman akan mengurangi atau berhenti berbunga, dan memasukkan energinya ke dalam benih yang matang. Menjepit mekar yang dihabiskan cepat dan mudah, dan memastikan mekar sepanjang musim.

Jika Anda telah memupuk pada waktu tanam seperti yang direkomendasikan dengan pupuk granular, organik, pelepasan lambat, Anda tidak harus memupuk tanaman semusim lagi selama musim. Dengan tanaman semusim, bunganya adalah hal yang utama, dan pemupukan berlebih dapat menyebabkan pertumbuhan dedaunan yang subur, yang benar-benar tidak penting. Pengecualian utama adalah tanaman yang ditumbuhkan dalam wadah, yang biasanya perlu dibuahi dengan pupuk yang larut dalam air setiap beberapa minggu untuk mempertahankan pertunjukan yang penuh warna.

Semusim memiliki sistem akar dangkal dan karenanya membutuhkan pasokan air secara teratur. Hindari penyiraman di atas kepala jika memungkinkan, yang dapat menodai beberapa jenis bunga (seperti petunia), dan membuatnya tampak tidak menarik. Hal ini juga dapat berkontribusi pada penumpukan jamur botrytis, yang dapat mempengaruhi tanaman seperti zinnias, geranium, dan marigold. Untuk hasil terbaik, gunakan selang hujan deras atau sistem irigasi tetes, atau arahkan penyiraman Anda ke permukaan tanah.

Merancang Dengan Semusim

Karena mereka hanya tinggal di kebun selama satu musim, semusim menawarkan fleksibilitas maksimum. Jika Anda tidak menyukai efek yang Anda buat satu tahun, Anda bisa menggunakannya untuk pengalaman dan coba lagi tahun depan, tanpa harus memindahkan tanaman seperti halnya dengan tanaman tahunan.

Semusim yang paling populer dan banyak ditanam digunakan sebagai tanaman alas — kombinasi bunga berwarna cerah dan tanaman dedaunan di tempat tidur yang dapat diakses dari semua sisi untuk visibilitas dan kemudahan perawatan. Penanaman formal semacam itu bisa sangat efektif jika Anda menanam blok tanaman padat dengan varietas dan warna yang sama. Dipisahkan oleh potongan rumput yang rapi, penanaman satu warna seperti itu memberikan efek formal yang bagus pada taman.

Pemandangan yang bahkan lebih mengesankan adalah penanaman satu warna secara massal yang dibagi di tengah-tengah oleh pita yang terdiri dari bunga yang memiliki kebiasaan warna, atau pelengkap yang berbeda tetapi saling melengkapi. Misalnya, warna gelap, cerah, seperti bunga ungu kebiruan dari lobelia perbatasan (Lobelia erinus), mungkin berpadu dengan gundukan bunga putih alyssum manis (Lobularia maritima). Kedua tanaman adalah tanaman keras lunak yang ditanam sebagai tanaman tahunan, dan keduanya serupa dalam kebiasaan tumbuh: rendah, gundukan dan biasanya digunakan untuk merayap bedengan.

Semusim bekerja sama baiknya dalam desain yang kurang formal, dan mereka mengisi peran penting dengan memberi Anda palet warna cemerlang untuk digunakan. Mereka dapat dimasukkan ke tempat terbuka antara dan di sekitar tanaman keras dan semak berbunga. Menambahkan tahunan ke perbatasan abadi dapat meningkatkan efek keseluruhan, memastikan kontinuitas warna dan minat bahkan ketika tanaman keras tidak mekar. Mereka sangat bagus untuk menciptakan percikan warna yang ritmis, untuk menghubungkan berbagai bagian taman bersama-sama, dan untuk membantu membawa tema warna tertentu melalui taman selama seluruh musim tanam.

Beberapa tanaman tahunan terbaik untuk penanaman perbatasan campuran termasuk spesies tinggi seperti nikotiana (tembakau berbunga), cleome (bunga laba-laba), lavatera, bunga poppy Shirley, sarung tangan foxglove, matricaria atau bunga matahari Meksiko berwarna oranye (Tithonia rotundifolia). Untuk warna pertengahan dan akhir musim di depan perbatasan, gunakan semusim seperti impatiens, matricaria, Salvia horminium dan alyssum manis.

Dengan semua ketinggian, warna, dan bentuk mereka yang berbeda, sangat mungkin untuk menanam perbatasan spektakuler yang terdiri dari tanaman semusim saja. Karena sebagian besar tanaman tahunan berbunga pada waktu yang sama, dan selama musim yang panjang, Anda mungkin ingin memilih varietas yang akan saling melengkapi. Anda dapat berusaha untuk membuat skema warna tertentu (pink, biru, dan putih; kuning, biru dan oranye), atau hanya pergi untuk kerusuhan penuh warna.

Salah satu cara untuk menciptakan efek yang lebih menarik dan bergaya adalah dengan memasukkan tanaman tahunan yang ditanam untuk dedaunan mereka yang menarik, yang dapat bertindak sebagai kertas untuk mekar cerahnya tanaman lain. Dedaunan perak dari pabrik penggiling berdebu (Senecio cineraria) adalah tanaman tua di kebun tahunan, tetapi ada banyak tanaman dedaunan lain yang kurang dikenal, termasuk kanna, yang memiliki daun tropis, terkadang daun perunggu; plectranthus, dengan daunnya yang lembut, berwarna perak; dan perilla (Perilla frutescens), ramuan indah yang daunnya ungu tua, berjumbai sangat efektif dengan bunga putih dan merah muda-ungu.

Mendaki semusim adalah pilihan lain yang baik, terutama untuk pengaturan dan wadah taman pondok (kotak jendela, keranjang gantung, dll.). Mereka memiliki kualitas informal yang kuno dan akan menciptakan permadani yang berwarna-warni di pagar, layar, teralis, atau dukungan lainnya. Banyak orang menanam morning glory (Ipomoea purpurea dan I. tricolor) dan kerabat dekat mereka, moonflower (I. alba) dan kardinal climber (I. x multifida). Tapi itu hampir tidak menggores permukaan pendaki besar ..

Wadah dan Musim Dingin

Pilihan sempurna untuk tumbuh dalam wadah, tanaman tahunan bekerja baik sendiri atau dalam penanaman gabungan. Jadilah imajinatif ketika memilih wadah, dan jika Anda memiliki ruangan dan sumber daya, jangan hanya menempel pada pot terra-cotta yang sudah terbukti benar. Kotak jendela dirancang untuk semusim, terutama yang berjatuhan di samping. Hal yang sama berlaku untuk wadah gantung, di mana varietas tertinggal, seperti nasturtium Permaisuri India kuno, menggantung dan membuat tampilan yang cantik.

Impatiens sangat cantik ketika ditanam dalam wadah yang diatur dalam naungan yang disaring. Paling umum Anda akan melihat mereka ditanam dalam putaran, biasanya dalam wadah besar seperti tong wiski setengah. Untuk membuat tampilan Anda berbeda, cobalah bereksperimen dengan sesuatu yang sedikit berbeda. Wastafel batu sabun tua akan menjadi tempat tidur yang sangat baik untuk orang-orang yang tidak sabar atau orang kaya warna-warni lainnya, seperti halnya seorang penanam yang telah Anda beli atau buat dari hypertufa (sejenis batu buatan). Pot dan pekebun serat coklat tersedia secara luas, dan akan bertahan selama beberapa musim. Mereka juga ringan (setidaknya ketika kosong) dan mudah dipindahkan.

Saat menanam dalam wadah, pastikan Anda mengizinkan drainase yang memadai. Jika pot atau wadah tidak memiliki lubang drainase, masukkan wadah yang lebih kecil yang ada di dalamnya, atau tutup bagian bawah wadah dengan lapisan batu kecil atau kacang busa (cara yang hebat untuk mendaur ulangnya).

Seperti tanaman lain yang ditanam dalam wadah, tanaman tahunan membutuhkan penyiraman dan pemupukan rutin sepanjang musim tanam. Selain itu, Anda juga harus mati mekar menghabiskan bunga. Selama cuaca panas dan kering, tanaman Anda mungkin perlu disiram sekali atau bahkan dua kali sehari. Tumbuhan tertentu, seperti lumut mawar (Portulaca grandiflora) dan calliopsis (Coreopsis tinctoria), lebih menyukai tanah yang agak kering dan cuaca yang panas dan cerah.

Semusim tender harus dilindungi dari embun beku awal. Rentetan hari-hari musim gugur yang hangat sering mengikuti salju pertama, jadi Anda harus membayar untuk menutupi tanaman Anda dan memperpanjang musim. Setelah cuaca dingin menjadi normal dan embun beku membunuh tanaman Anda, keluarkan dari potnya dan bersihkan wadahnya dengan sabun dan air atau larutan pemutih encer, agar siap untuk tahun depan.

Akhir musim tanam tidak selalu berarti akhir dari semusim Anda. Tanaman keras abadi yang sudah tumbuh dalam wadah dapat dipotong kembali dan dibawa ke dalam ruangan, sedangkan tanaman alas seperti petunia, impatiens, lantana, dan geranium dapat ditanam dan dirawat di musim mekar yang berkepanjangan di dalam.

Sebelum membawa tanaman ini di dalam ruangan, periksa apakah ada masalah serangga atau penyakit, dan obati atau buang jika ada. Kurangi tanaman dengan 4 hingga 6 inci, dan tempatkan pot di ruangan yang mendapat banyak cahaya. Greenhouse atau sunspace ideal, tetapi demikian juga jendela cerah dengan eksposur barat atau selatan. Setelah memotong kembali tanaman, beri mereka dosis makanan nabati cair dan mereka harus segera mulai mengembangkan daun dan bunga baru.

Awasi tanaman apa pun yang Anda bawa di dalam ruangan, setidaknya untuk beberapa minggu pertama. Shock karena dipindahkan ke dalam membuat tanaman sangat rentan sampai mereka terbiasa dengan kondisi pertumbuhan baru mereka. Manjakan tanaman Anda sebanyak yang Anda bisa saat ini untuk memudahkan transisi mereka ke kehidupan di dalam ruangan.

Beberapa tanaman dapat digali di musim gugur, dipangkas jauh-jauh, dan disimpan di tempat yang sejuk dan gelap hingga awal musim semi. Ini termasuk sebagian besar tanaman keras tender, seperti brugmansia, datura, dan geranium. Air tanaman hemat selama ini.

Strategi lain untuk tanaman musim dingin adalah mengambil stek di musim panas atau awal musim gugur dan memulai tanaman baru dari tanaman semusim Anda. Teknik ini bekerja sangat baik dengan coleus, plectranthus, dan tanaman licorice (Helichrysum petiolare).